Powered By Blogger

Tuesday, March 15, 2011

Pestisida buatanku Tiada Duanya

Di rumahku ada beberapa tanaman cabe yang di beri pot khusus cabe. pohon satu dan yang lainnya menurutku di tanam pada tanggal dan tahun yang sama, tapi ada satu pot yang berisi beberapa pohon cabe yang berbeda. Teman2nya yang lain sudah berbuah dan semarak, sedangakan pohon yang saya maksud itu cuma berbuah satu dan bentuknya bisa di bilang aneh.
Penasaran memenuhi perasaanku... Lalu ku liat pohon itu...
dan ternyata benar, pohon cabeku diserang hama. Aku menyebut hama itu hama "keputihan", karena warnanya putih, halus, seperti abu rokok, dan karena aku gak ngerti apa nama hama jenis itu.
Demi menyelamatkan pohon cabeku, aku mencoba bereksperimen membuat pestisida. 
Karena hama itu berwarna putih, dan aku memberi nama hama itu sebagai hama "keputihan", maka hal pertama yang langsung teringat di otakku adalah daun Sirih
Kenapa sirih?? aku mengkorelasikannya dengan nama hama yang aku buat sendiri itu. Konon katanya Sirih punya manfaat yang dasyat untuk penyakit keputihan, xixixixixi.
Bahan lainnya adalah Cabe itu sendiri. Kenapa Cabe?? kira-kira gini alesannya: jadi cabe kan pedes tuh, jadi ketika ada hama mau nyangkut di taneman cabeku, dia kabur duluan, dari pada kepedesan *semoga memang seperti itu.
Gimana Proses pembuatannya?
Caranya super duper gampang... 
Ambil 3 lembar sirih merah, dan 5 buah cabe merah. Semua bahan di tumbuk sampai halus. Setelah itu campurkan pada air putih. Here we come, Adonan cairan pestisida sudah jadi, tinggal diaplikasikan pada pohon cabeku. 
semprot... semprot... semprot dan berdoa semoga pohon2 cabeku segera sehat seperti teman2nya. 
Sekarang tinggal nunggu apa yang akan terjadi dengan pohon cabeku itu. 
semoga pestisida buatanku ini dapat membantu pohon2ku itu, dan bisa jadi pestisida terfenomenal abad ini, karena ditemukan oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi, yang tidak pernah membaca buku pertanian.
Dan semoga kecintaanku pada pohon2 itu dapat membantu pulihnya kesehatan pohon2 cabeku itu... 

::Don't Try This at Home, and it's Prental Advisory::

No comments:

Post a Comment